Madrid menjerit

( Elegi bagi Madrid bersama Mou di 2011??? )

Ini kali kedua saya akan nggedabrus tentang Barca…Klub dari Catalan – Spanyol yang baru saja menghabisi musuh bebuyutannya dari Madrid pada leg pertama Semi Final Piala Champion tahun 2011.

Di kandang madrid, partai klasik yang selalu sarat dengan nuansa  emosionalitas yang tinggi tersebut, Barca, melalui “Juru Selamat” nya ; Lionel Messi dengan tegas dan mantab  2 kali mengoyak jala  yang dijaga Iker Cassilas…

Pertandingan yang berlangsung Panas di Stadio Bernabeu tersebut,   diwarnai adu jotos, tendangan dan berhamburannya kartu kuning serta merah oleh Wasit Wolfgang Stark.

Yang paling kontroversial adalah saat Pepe harus menerima Kartu Merah dan keluar dari pertandingan karena tendangan nya dianggap membahayakan Dani Alves.

Hi pepe..minggir kau dari lapangan!   

Selalu ada ketidak puasan atas hasil pertandingan antara 2 klub besar tersebut, berikut komentar-komentar dari kubu madrid yang tidak puas :

Jose Mourinho (Mou)

Ini komentar Mou, tidak lama seusai pertandingan :

Kenapa? Kenapa Ovrebo, Busacca, Stark? Ini sama di setiap semifinal. Kita berbicara soal tim yang fantastis saat ini. Kenapa Chelsea tidak ke final? Kenapa Inter diselamatkan keajaiban? Tidak tahu apakah ini kekuatan dari UEFA atau UNICEF?. …Aku tidak mengerti,”

Berikut komentar Mou yang lain, pada saat jumpa pers yang pertama :

“Hal ini selalu terjadi di semifinal. Saya di sini hanya untuk menayakan sebuah pertanyaan, semoga jawabannya akan ada pada suatu hari nanti,”. Hari ini terlihat pasti bahwa Anda tidak mempunyai peluang untuk menang ketika melawan Barcelona. Saya tidak mengerti kenapa. Saya tidak tahu apakah ini akibat dari publisitas UNICEF (sponsor Barcelona), atau karena persahabatan antara mereka dengan Angel Maria Villar (presiden RFEF) dimana ia (Villar) menjadi wakil presiden UEFA, atau karena mereka memang baik. Yang pasti mereka memiliki kekuatan itu. Yang lainnya tidak punya kesempatan,”

Ada komentar khusus dari Mou ke Josep  Guardiola (Pep), merespon pertandingan tersebut   :

“Saya menghormatinya sebagai pelatih dan sebagai pribadi. Tapi, saya ingin melihatnya memenangi Liga Champions tanpa skandal,” kata Mourinho.

“Guardiola adalah pelatih yang fantastis, tapi ia memenangi Liga Champion yang mungkin saya akan malu untuk memenanginya. Mereka menjuarai Liga Champion (2008/09) setelah adanya skandal di Stamford Bridge. Jika mereka juga menang pada tahun ini, maka kemenangan itu mereka raih usai skandal di Bernabeu. Saya harap ia (Pep) bisa memenangkan Liga Champion dengan cara bersih, dengan tidak ada insiden di belakangnya suatu saat nanti,”
“Saya memenangi dua Liga Champions bersama Porto dan Inter dan memenangi keduanya di lapangan. Kami menang dengan kerja, keringat usaha, dan bertarung,”

 Christiano Ronaldo :

“Selalu saja sama dengan Barcelona. Ini merupakan musim keempat secara beruntun jika hal semacam ini terjadi.

“Jose Mourinho benar, lihat saja apa yang terjadi dengan Arsenal, Chelsea dan Inter Milan”.
“Barcelona memang tim yang fantastis, tapi mereka juga banyak mendapat bantuan, baik di dalam mau pun di luar lapangan.”

 Komentar khusus dari Ronaldo kepada Messi :

“Saya berharap mendapat kesempatan seperti Messi. Segalanya jauh lebih mudah jika hanya menghadapi sepuluh pemain,” (The Sun, Jumat (29/4/2011))

Sergio Ramos :

“Anda pulang ke rumah dengan penuh kemarahan setelah kartu merah yang sangat berakibat fatal pada pertandingan. Kami tak bisa mempercayainya. Kami realistis dan tahu semuanya sulit, tapi Madrid harus selalu mendapatkan ini”
“Pertunjukan pantomim ini harus dihentikan. Saya harap ada tindakan karena hal-hal seperti ini menodai tontotan sepakbola. Tim dan seluruh Madridista terluka atas apa yang kami lihat di lapangan,” 

Emmanuel Adebayor :

“Dalam beberapa hari terakhir saya sudah tiga kali bermain melawan Barcelona dan setiap kali kami harus bermain dengan sepuluh [pemain],”
“Itu menjadi sesuatu yang tak dapat saya percaya dan hari ini mungkin Pepe melakukan sebuah pelanggaran namun saya tak menyangka harus diberi kartu merah. Ini sungguh sulit buat tim.”
“Namun keyakinan kami masih tetap tinggi dan kami masih percaya akan bisa membalasnya [di Camp Nou] nanti.”

“Sepakbola itu adalah permainannya lelaki. Tetapi setiap kali Anda menghadapi Barcelona, setiap kali Anda sedikit saja menyentuhnya, mereka langsung merengek dan menangis seperti bayi.”
“Setiap kali juga Anda melakukan kontak dalam posisi sama-sama terjatuh, mereka menangis dengan menutupi wajah mereka di wajah dan kemudian pelatih mereka, fans mereka, semuanya pada menangis.”
“Barcelona memang klub yang luar biasa, tetapi jangan salah, mereka terlebih dahulu harus bisa menghentikan ulah seperti itu sedikit demi sedikit,”

Jorge Valdano (Direktur Umum Real Madrid) :

“(Keputusan wasit) Itu mengubah pertandingan. Keputusan wasit adalah satu-satunya yang patut disorot selain penampilan Messi malam ini,”


Kecewa, sedih dan mungkin cenderung frustasi, itu yang bisa disederhanakan dari komentar-komentar kubu madrid diatas. Sebab saat ini, antara Madrid dan Barca sedang dalam persaingan yang sangat sengit untuk memburu 2 Piala tersisa dari 3 Piala persaingan antara keduanya.

Piala Raja atau Copa Del Rey sudah selesai diperebutkan, dengan kemenangan ada pada Madrid. Tinggal Piala Champion dan La Liga (liga spanyol) yang masih tersisa untuk diperebutkan.

Dari ketiga piala tersebut; Copa Del Rey berada pada derajat paling rendah dibandingkan dengan Liga Champion maupun  La Liga. Sehingga Barca menjadi agak sedikit “ikhlas”,  “menyerahkan” piala tersebut ke madrid.

Nah…mungkin alasan berikut ini yang menjadi beban sangat berat bagi Madrid :.
Sebelum pertandingan yang ke 34 dilaksanakan, di klasemen La Liga, Madrid berada di urutan dua, tertinggal 8 poin oleh Barca yang berada di puncak klaemen. Dengan rekor Barca yang waktu itu sangat stabil dalam meraih kemenangan, sedangkan pertandingkan tinggal tersisa 5 kali lagi, maka wajar jika saja Madrid menjadi cenderung kuatir dan tertekan atas kondisi tersebut.

Kuatir..bahwa Madrid tidak bisa mengejar ketertinggalan poin, sehingga dipaksa dengan lapang dada untuk membiarkan Messi, Puyol, Xavi, Iniesta  dan lain-lainnya menahan Piala La Liga untuk tetap bersama Barca di catalan sampai dengan 2012.

Minggu kemarin (30 April 2011), pertandingan ke 34 telah usai dilaksanakan..Dan Alhamdullilah, Madrid dan Barca sama-sama menelan kekalahan..sehingga tidak ada perubahan status atas mereka.  Tetap di poin masing-masing dan masih terpaut 8 poin.

Oke kembali ke atas..

Jadi…., menggapai kemenangan dan menjuarai Liga Champion menjadi semacam “Fardhu Ain” bagi Madrid. Sebab, di Liga Champion inilah mereka (Madrid) sendiri yangt akan  menentukan apakah nantinya akan menjadi juara atau pecundang! Sedangkan di La Liga, masih ada ketergantungan  klub-klub lain (yang akan menghadapi Barca di sisa kompetisi) untuk menentukan siapa yang menjadi juara La Liga.

Tapi, semuanya belum benar-benar berakhir.

Meski madrid kehilangan 2 Gol di kandang, sehingga setidaknya harus bisa mengalahkan Barca dengan selisih 3 Gol, Bola tetaplah Bola yang bentuknya Bundar..

Dalam sepak bola ada berjuta teori, berjuta strategi dan berjuta kesempatan meski hanya 2 hal hasilnya : Menang atau Kalah!

*Renon, Siang-Siang tanggal 2 Mei 2011 di kantor*

Sumber :

  1. http://www.bolanews.com/liga/liga-champion/25369-Mourinho-Ini-Konspirasi-Ini-Konspirasi.html
  2. http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2011/04/28/055715/1627185/1033/mourinho-tantang-guardiola-menangi-liga-champions-tanpa-skandal
  3. http://www.goal.com/id-ID/news/1364/liga-champions/2011/04/28/2461573/emmanuel-adebayor-barcelona-cengeng
  4. http://www.goal.com/id-ID/news/1364/liga-champions/2011/04/28/2461619/cristiano-ronaldo-terlalu-banyak-bantuan-untuk-barcelona

One thought on “Madrid menjerit

  1. Ping balik: Piala Dunia dan Keriangan Yang Artifisial | Solitude Slider

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s