Cara mudah edit multiple file photo di photoshop

Bagaimana cara edit untuk banyak file dalam satu langkah di photoshop?

Tips ini saya tulis, sebenarnya untuk saya sendiri. Karena, sering lupa ketika mencoba melakukan hal yang sama setelah lama tidak mempraktekannya. Dan, kebiasaan saya, jika sudah dituliskan seperti ini maka akan mudah untuk diingat atau jika pun lupa maka saya sudah punya contekannya 

Ini tema nya tentang bagaimana jika punya puluhan atau ratusan foto yang mau kita edit di photoshop dan ingin melakukan editing secara massal dalam satu model editan yang sama.
Kasusnya ini adalah, saya punya banyak foto produk dari usaha online baju pelangi etnik dan pop batik : atisomya.com. Puluhan atau ratusan foto produk tersebut akan saya edit dan saya berikan watermark juga keterangan tentang nama produk dan harga nya di masing-masing foto tersebut.
Masalahnya, jika itu dilakukan satu persatu maka akan butuh waktu yang lama. Sedangkan, prinsip dalam ber bisnis di online, khusunya produk fashion,  yang terutama adalah kecepatan dalam memposting profil produk.
Selain itu, editing satu persatu membutuhkan energi ekstra dan sangat melelahkan, apalagi jika semuanya masih dilakukan sendiri, tanpa bantuan staff khusu, seperti yang saya lakuka. *.sambat dot com😦

Maka dari hasil googling dan kemudian dipraktekan sendiri, ada satu fitur di photoshop yang bisa melakukan pekerjaan secara masal dengan satu setingan tertentu; yaitu dengan fitur automate batch.

Saya sangat newbie dalam per photoshopan, maka bagi saya apa yang saya cari jika sudah ketemu ya saya rasa sudah cukup. Tidak punya keinginan mempelajari lebih jauh, karena saya sadar maqam saya bukan disini. . Berkaitan dengan itu, jadi jika ada yang membaca blog ini, dan kemudian mau tanya-tanya lebih detail, meskipun berkaitan dengan apa yang saya tuliskan disini, maka sebaiknya sampeyan urungkan. Karena saya tidak banyak tahu tentang photoshop. ..hehehe #blocking duluan 

Baiklah, kita sudahi nggacor gak jelasnya dan kita mulai nggacor yang lebih tidak jelas lagi 

Setelah membuka photoshop, sebelum lakukan editing atau apapun, kita mulai dulu dengan melakukan proses recording atas pekerjaan yang akan kita lakukan. Caranya : buka windows >> Action. Atau kalau mau pake shortcut klik : ALT + F9

Cara mudah edit multiple file photo di photoshop estuarey wordpress (1)

Setelah action atau Alt + F9 di klik, kemudian akan muncul seperti gambar dibawah

Cara mudah edit multiple file photo di photoshop estuarey wordpress

Klik new set dan akan muncul seperti dibawah. Isi dengan nama project yang akan kamu jalankan. Lalu klik Ok.

Cara mudah edit multiple file photo di photoshop estuarey wordpress

Lanjutkan dengan create new action. Letaknya ada di sebelah new set tadi. Kemudian lakukan hal yang sama seperti yang sudah kalian lakukan dengan new set tadi. Berikan nama lalu klik Ok.

Cara mudah edit multiple file photo di photoshop estuarey wordpress

Sekarang kalian bisa lanjutkan melakukan editing atau pekerjaan lainya.
Seperti tampak dibawah saya melakukan editing foto dan memberi watermark juga keterangan produk koleksi baju etnik dari hijabcornerid.com

Cara mudah edit multiple file photo di photoshop estuarey wordpress

Setelah editing dan pekerjaan lainnya sudah kamu rasa cukup, maka sekarang bisa matikan proses recording tersebut. Tekan saja tombol stop yang berada di sebelah tombol warna merah.
Jika tanda stop sudah di tekan maka tombol recording akan berubah warna menjadi abu-abu, seperti lainnya.

Sekarang kalian sudah punya settinggan yang bisa dilakukan untuk generate banyak file sehingga tidak perlu lagi edit satu persatu file.
Caranya : Buka File >> Automate >> Batch. Maka akan muncul seperti dibawah ini :

Cara mudah edit multiple file photo di photoshop estuarey wordpress

Selanjutnya pilih nama play set dan action sesuai dengan nama yang kalian sudah berikan tadi. Karena saya menggunakan nama play set dengan hijabcornerid label dan action labelnya hijabcornerid maka saya akan memilih play set tersebut untuk project yang saya lakukan.

Selanjutnya pilihlah file apa saja yang akan kalian edit secara massal. Pilihannya ada pada bagian source.
Di bagian source juga ada beberapa pilihan, tentang sumber foto yang akan diedit secara massal. Apakah foto yang ada dalam suatu folder tertentu atau foto yang sudah dibuka di photoshop atau dari Import atau melalui bridge. Saya hanya mencoba yang dari Folder dan Opened Photo. Import dan bridge belum saya lakukan.

Kemudian jangan lupa tentukan dimana foto2 yang di edit massal tersebut akan disimpan.
Klik destination lalu tentukan di folder mana file tersebut akan disimpan.

Biarkan kotak override action “save as” command tetap terbuka. Saya tidak tahu alasannya, tetapi setiap saya centang kotak tersebut, maka hasil editing nya selalu berantakan. Mungkin ada master photoshop yang membaca tulisan ini bisa memberikan analisa dan jawabannya.

Bila sudah siap semua, silahkan klik Ok.
Dan biarkan semua proses berjalan, lamanya proses tergantung dari berapa banyak action yang kamu lakukan dalam editing juga berapa banyak foto / file yang diproses.
Sesekali akan ada permintaaan untuk save hasil pekerjaan dalam format .psd.
Silahkan klik ok dan ok.

Cara mudah edit multiple file photo di photoshop estuarey wordpress

Kalau proses automate batch sudah selesai maka tampilan photoshop akan seperti tampak diatas. Seperti tampilan photoshop sewaktu pertama kali dibuka.
Dan sekarang kalian sudah punya beberapa files yang sudah berhasil di edit dengan cara yang sama tanpa harus melakukan editing satu persatu. Semua files akan dalam satu format yang sama.
Yaitu : .PSD.

Lalu bagaimana caranya untuk mengubahnya menjadi format .JPG karena kalian membutuhkan file dalam bentuk .JPG ?
Apa harus di save as satu persatu ??
Tidak !! Itu kelamaan !
Caranya .. baca pada postingan saya selanjutnya : Mengubah Files .PSD ke .JPG dalam satu langkah di Photoshop

Oh iya, jika tertarik dengan koleksi foto-foto baju etnik dan dress hijabers yang keren-keren dengan harga murah silahkan klik saja : http://atisomya.com atau http://hijabcornerid.com. Dijamin akan membeli dan ketagihan…hehehe.
Terimakasih

Tinggalkan Balasan

