Sesap dan Hikmati Kopi Bali di Jalan Gajah Mada Denpasar

Sesap dan Hikmati Kopi Bali di Jalan Gajah Mada Denpasar (3)Ada semacam perasaan tidak lengkap atau katakanlah kurang afdol, jika melintas jalan Gajah Mada Denpasar dan tidak mampir ke tempat ini. Menikmati segelas kopi di sebuah tempat yang sesungguhnya adalah toko dari sebuah brand kopi paling besar yang ada di Bali.

Sesap dan Hikmati Kopi Bali di Jalan Gajah Mada Denpasar (1)Tempatnya sempit, dulunya hanya ada 2 meja yang nisbi kecil. Tapi pada kunjungan hari ini, saya temui ada tambahan 2 meja dan beberapa kursi ditaruh di beranda depan, yang menyatu dengan trotoar. Didalam toko berderet Rak yang cukup.besar, berjejer ratusan kantong kopi dengan beberapa varian. Di bagian depan ada etalase kaca, isinya bermacam alat penyeduh kopi. Di lorong, berderet juga kaleng kaleng besar berbentuk segi empat. Isinya adalah kopi curah, kopi tanpa kemasan yang bisa kita beli sesuai keinginan kita. Mau 1 ons atau 10 kilo tersedia disitu. Masing-masing kaleng juga berbeda beda kelas kopinya. “Semua kopi curah, adalah kopi robusta. Beda harga, beda pula kualitasnya”, begitu pelayan toko itu menjelaskan kepada saya.

Saya hampir selalu sendirian saat datang ke tempat tersebut. Seingat saya, sekali saja saya ajak salah satu teman kantor datang ke tempat itu. Seringnya sendirian saja, acapkali malah dapat teman ngobrol juga sesama pengunjung yang sedang ngopi di tempat itu. Terkadang bule, terkadang juga pengunjung lokal yang berdomisi di Denpasar atau sekitar Bali saja. Karena tempatnya kecil, sehingga kebanyakan meja digunakan secara bersama. Berbagi tempat dan kemudian berbagi rasa alias ngobrol.

Alih alih ada colokan listrik atau sambungan internet lewat wifi, di tempat itu menikmati kopi dan menghikmatinya lebih dari apapun.Saya rasa, Jalan Gajah Mada Denpasar adalah jalan paling cantik di Bali. Mungkin salah satu ruas jalan tercantik di Indonesia. Tentu saja ini subyektifitas saya. Sesap dan Hikmati Kopi Bali di Jalan Gajah Mada Denpasar (4)Menghisap kopi enak di jalan ini, sambil menikmati lalu lalang orang yang melintas, seperti menumbuhkan kepercayaan saya bahwa bahagia itu trnyata memang sederhana. Sesederhana mengangkat kaki kanan dan meletakkannya di kaki kiri lalu mengangkat gelas.

Sesap dan Hikmati Kopi Bali di Jalan Gajah Mada Denpasar (2)Saya rasa, jika anda sedang di Bali dan ingin menikmati Bali dari sisi yang tidak biasa dilakukan oleh wisatawan lokal, anda perlu berkunjung ke jalan ini dan sempatkan untuk sesap kopi bali yang enak di tempat itu.  Lokasi jalan ini ada di tengah kota denpasar. Sepanjang jalan berderet toko model bangunan tua khas Bali, terdapat dua Pasar di tengahnya. Pasar Badung, sebuah pasar terbesar di Bali yang menjual segala macam bahan pokok dan pakaian, di seberangnya terdapat Pasar Kumbasari yang menyedian aneka macam kerajinan. Kedua pasar itu dipisahkan sebuah sungai, tapi terdapat jembatan yang khusus menghubungkan keduanya.

2 thoughts on “Sesap dan Hikmati Kopi Bali di Jalan Gajah Mada Denpasar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s