Tidak Ada Gunanya

Wanita itu taksiran saya berusia sekitar 50 tahunan. Wajahnya terlihat lebih tua dari usianya. Kulit mukanya hitam, mungkin karena terlalu sering terpapar matahari, meski kerut wajah belum terlihat banyak. Berjalan di pinggiran jalan aspal yang menghubungkan antar desa, sewaktu saya berhenti mengisi bensin di sebuah warung bensin eceran.
Sembari berjalan, tangannya keatas memegang tampah yang tersunggi di atas kepala.
Tak-Ada-Guna
Ia menjual kacang dan ketela rebus. Juga pepaya yang dipotong kecil dan masing-masing sudah dimasukkan dalam plastik transparan. Saya menghentikan langkahnya, lalu mengulurkan uang.
“Beli apa ?”
“Kacang dan Ketela rebus”
“Ini semua ?” tanganya memegang uang yang baru saja saya ulurkan.
Saya menganguk.
Kemudian dia terlihat bingung. Sambil mencari-cari sesuatu.
“Maaf, saya tidak ada kresek”
Saya ingin mengatakan, tidak perlu tas kresek. Namun, tentu saja saya akan kesulitan membawanya. Lalu saya teringat ada tas kresek di dalam jok motor. Kemudian saya serahkan padanya.
Beberapa potong ketela dan kacang rebus dimasukkan kedalam tas kresek itu.
Lumayan banyak, mungkin sepertiga dari dagangan yang disungginya.

Terpikir, jika ketemu lagi dengannya akan saya berikan simpanan tas kresek yang ada di rumah.
Di rumah ada banyak tas kresek yang sudah dilipat kecil-kecil oleh Istri saya. Kresek bekas belanjaan kami. Sebagian sudah dimanfaatkan untuk kantong sampah, tapi masih tersisa banyak. Diantaranya bahkan sudah rusak, karena sudah cukup lama disimpan.

Berselang beberapa bulan, di suatu petang yang sudah hampir habis berganti malam. Saat melintas di jalan yang sama untuk perjalanan pulang, saya berpapasan denganya.
Seperti biasa, saya lupa.
Tidak hanya dengan keinginan untuk memberikan tas kresek, juga lupa tentang Ibu penjual kacang dan ketela rebus itu.
Sesampai di rumah, ada sesuatu mengganjal di benak saya. Dan lalu teringat dengan janji tas kresek yang meski tidak terucap tetapi sudah diniatkan.

Niat baik hanyalah angan-angan, jika bukan dilaksanakan.
Seperti buku dengan sampul bagus namun kosong isinya. Tidak ditulis apapun.
Tidak ada gunanya…..
Tidak ada gunanya!

Tinggalkan Balasan

