Kopi Jagebob Merauke

Dari Papua, kopi yang sudah cukup dikenal baik oleh pasar adalah kopi Wamena.
Satu varian kopi Wamena yang paling terkenal adalah Baliem Blue.

Daerah Papua lainnya yang cukup dikenal sebagai penghasil kopi jempolan adalah Timika. Jika pernah mendengar satu brand kopi dengan nama Amungme Gold, maka dari sanalah kopi istimewa itu berasal.

Selain Wamena dan Timika, maka Nabire juga sudah cukup terdengar namanya sebagai penghasil kopi. Wilayah sekitar pegunungan Jayawijaya, seperti Paniai adalah penghasil kopi arabika, yang menurut beberapa review, menghasilkan kopi dengan cita rasa dan aroma yang kuat.

Lalu, bagaimana dengan daerah Papua Lainnya?

Pernah dengar kopi dari Merauke?

KOPI JAGEBOB MERAUKE

Sebelum menerima kopi (jagebob) ini, saya sama sekali belum pernah mendengarnya. Bahkan Google pun tidak dapat memberikan informasi yang cukup. Apalagi jika dituliskan kopi Jagebob di google search, maka google pun menyerah. Tak ada informasi apapun.

Begitu minimnya informasi tentang kopi ini, membuat saya sangat berkesan saat menerima hadiah 1 bungkus kopi jagebob dari adik ipar. Suwun ya Ma, Rama!

Begitu perekat kemasan kopi saya lepas, langsung tercium aroma yang cukup kuat, menguar dari dalam kemasan. Dari aromanya, menurut saya, lebih kuat aroma non kopi dibandingkan aroma kopinya sendiri. Ada bau buah-buahan yang mendominasi tersembul dari sana.

Selanjutnya, setelah di giling cukup kasar, saya coba nikmati kopi ini dengan bantuan french press. Begitu saya sesap, saya mendapati bermacam rasa dari kopi jogebob ini. Body kopinya tidak tebal, cukup ringan, namun sangat menyenangkan untuk dinikmati.

Profil Roasting Kopi Jogebob Merauke

Profil Roasting Kopi Jogebob Merauke

Namun saya masih penasaran, sepertinya kopi ini belum disangrai dengan sempurna, sebab masih banyak saya temukan biji kopi yang tidak mendapat pembakaran dengan sempurna, alias banyak yang masih mutung.
Barangkali roaster kopi masih uji coba, sehingga belum mendapatkan profil rasting terbaik untuk kopi jagebob ini.

Apapun, buat saya, kopi ini sangat menarik. Menambah perbendaharaan khasanah kopi nusantara. Jika selama ini kita sering mendengar slogan kopi Indonesia dari Sabang sampai Merauke, padahal sesungguhnya tidak sampai Merauke, karena kopi Indonesia berhenti di Wamena. Maka sekarang kita benar-benar memiliki kopi yang berasal dari Merauke.

Sukses selalu Kopi Jagebob!

#KopiMerauke #KopiIndonesia #KopiNusantara #KopiJagebob

2 thoughts on “Kopi Jagebob Merauke

  1. Salam kenal sy Takdir Hamzah dari koplink coffee Merauke…
    terima kasih ya… kopi kami sudah direview…memang benar kami masih mencoba menemukan profil terbaik untuk kopi jagebob, btw jenis kopinya liberica, prosesnya natural..
    sekali lagi terima kasih….

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.